Denny "Loggo" Tumengkol Pengrajin Tingkep Di Pinilih Dimembe Minahasa Utara

 

Denny Loggo Tumengkol Sedang Menyelesaikan Pesanan Alat Tingkep

malesungnews.com // Sabtu 29 Oktober 2022 Suami dari Marianna Longdong.S.Pd ini sedang menyelesaikan sebuah alat penangkap ikan tradisionil yang biasa orang Pinilih Kecamatan Dimembe Minahasa Utara bilang "Tingkep".

Alat Tingkep ini terbuat dari anyaman bambu memiliki panjang kurang lebih 160 Cm dengan garis di bagian tengahnya sekira 30 Cm.



"Saya menekuni pembuatan "Tingkep" ini sudah hampir 40 tahun lamanya. Hanya belajar sendiri berdasarkan alat Tingkep yang sudah ada pada sebelumnya", Ungkap Loggo ketika ditanya sudah berapa lama menekuni kerja kerja kerajinan seperti ini.

"Mengerjakan Tingkep ini karena dipesan orang kampung yang biasanya mereka hobby menangkap ikan di kuala. Dimana alat ini hanya diberi umpan berupa kelapa yang di bakar kemudian dimasukkan ke dalam perangkap ini, lalu dilepaskan begitu saja di kuala yang diperkirakan ada ikan leleh, mujair, belut bahkan udang". Tambah Denny sambil menyelesaikan ayaman alat Tingkepnya ini.

"Tak cuma orang kampung Pinilih atau yang ada di daerah Dimembe ini yang pesan, tapi dari Likupang juga. Dan tentunya saya bangga dan senang di tengah-tengah jaman yang sudah serba modern ini, masih saja ada orang yang memesan alat penangkap ikan yang dikerjakan secara manual tradisionil seperti Tingkep ini". Tutur Pak Denny yang lebih dikenal dengan nama panggilann "Loggo" di kampung Pinilih ketimbang Denny Tumengkol sebagai nama baptisnya.//@arieTs.


Posting Komentar

0 Komentar