Chandra Lala: Berkabasaran Hanya Untuk Seni Dan Pariwisata

 

Chandra Lala Ketua Komunitas Pelestarian Nilai-Nilai Adat dan Budaya Touwulu Minahesa 

malesungnews.com Tomohon// Tidak sedikik para pegiat pemerhati seni budaya dan adat istiadat di Tanah Minahasa ini membentuk kelompok-kelompok pelestari. Satu diantaranya Chandra Lala. Seorang anak muda yang lahir dan tinggal menetap di Kelurahan Wailan Kecamatan Tomohon Utara ini, ikut terpanggil membentuk sebuah komunitas yang diberi nama: "Komunitas Pelestarian Nilai-Nilai Adat dan Budaya Pasiowan Touwulu Minahasa Mahsambureyrey.

"Kami membentuk komunitas pelestarian nilai-nilai Adat dan Budaya ini, berangkat dari keterpanggilan melihat teman-teman pemuda yang ada di Kelurahan Wailan yang sebenarnya banyak yang punya minat berkabasaran. Disamping itu sebagai sebuah usaha untuk secara bersama bisa mengatisipasi kawula muda yang ada untuk tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti misalnya terlibat pada kegiatan-kegiatan tindak kriminal". Kata lelaki yang juga sebagai pecinta alam ini.


Lebih jauh Candra menjelaskan:" Kami berkabasaran hanya untuk kepentingan Seni dan Dunia Pariwisata. Kami tidak fokus pada kegiatan kegiatan yang ada kaitannya dengan ritual, tapi murni hanya untuk kegiatan kegitaan tarian kabasaran sebagai penjemput tamu yang datang. Lebih dari pada itu kami juga selalu siap jika di undang untuk mengisi acara-acara seremonial, festival atau lomba-Lomba".

Ketika berbincang bincang Minggu, 31 Oktober 2021 di markasnya, sebagai Pengurus komunitas yang menghimpun anak anak muda potensial yang ada di Kelurahan Wailan di kaki Gunung Lokon ini,  Chandra pun berharap: "jika ada undangan-undangan untuk tampil pada acara acara penyambutan tamu baik di Pemprov, Pemkot, Pemkab, atau acara acara pesta kawin dan seremonial lainnya, Pengurus dan Anggota Komunitas Pelestarian Nilai-Nilai Adat dan Budaya ini, siap memenuhi undangannnya. Apalagi jika ada bantuan bantuan operasional yang bisa disumbangkan untuk mengembangkan misi dan misi komunitas ini, Sangat Sangat diharapkan".//@ArieTulus.





Posting Komentar

0 Komentar