Arie Tulus : "Cintaku Berbunga Di Kampus Berbukit" (1)

"Cintaku" 1 Digital Art Arie Tulus 2020
 
1.

Terus terang kedatanganku di kampus berbukit ini, pada mulanya tidak lebih dan tidak kurang memang hanya untuk mengejar ilmu sebagaimana yang menjadi harapan Ortuku (Orang Tuaku). Rajin hadir  di ruang kuliah, rajin bikin tugas dosen, dan tentunya tidak boleh lalai membayar SPP, dan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan kewajiban-kewajiban yang mesti aku lalukan sebagai seorang mahasiswa untuk keberhasilanku nanti, seperti yang menjadi cita-cita mulia teman-temanku yang lain dan tidak bukan demi mengejar dan memperoleh sebuah gelar yang namanya sarjana. Bukankah begitu Bro?

Setiap kali aku akan melangkah keluar rumah kost menuju kampus berbukit ini, selalu saja tergiang-ngiang di telinga dan kepalaku berbagai wejangan dan nasihat dari Ortuku yang mewanti-wanti, agar aku harus tahu menjaga dan membawa diri dalam situasi dan suasana dimanapun aku berada. Apakah di tengah-tengah sahabat, dosen, masyarakat dan pacar? Hehehehehe ....Pacar. Ya, pacaran begitu. Sebuah kata yang menurut Ortuku berdasarkan pengalaman, dan pengamatan di lapangan dunia per-kampus-an bisa menjadi pemicu positif, dan bisa juga sebagai pemicu negatif. Dan untuk persoalan ini tinggal bagaimana seseorang yang punya diri bersangkutan menerjemahkannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk aku yang kini masih sementara menyelesaikan semester yang tersisa di kampus berbukit ini. Maklum Ortuku pernah juga menjadi mahasiswa di perguruan tinggi ini hingga sarjana, tapi pada waktu itu masih berdomisili di Kleak Manado.

Ortuku bilang; Bukan lagi saatnya untuk melarang aku dengan keras untuk tidak boleh pacaran. Apalagi di era dan zaman globalisasi ini? Ortuku juga bilang, aku ini sudah dewasa, dan memang sudah saatnya masuk di situasi dan suasana itu. Cuma lagi-lagi ortuku bilang, aku mesti tahu jaga dan tahu bawa diri. Bahwa pacaran itu penting adanya, tapi kuliah hingga memperoleh gelar sarjana menjadi hal yang teramat penting dan di atas segala-galanya. "Inga bae-bae ne Tole'? Bagitu deng Keke' ngana pe pacar. Bilang akang pa dia ini nasehat. Batona' atau pacaran itu bole-bole skali. Mar itu kuliah jang sampe tabongkar neh? Itu tape Ortu da bilang.// Bersambung


 

Posting Komentar

0 Komentar